Wisata Di Cilacap

3 Daftar Destinasi Wisata Di Cilacap Jawa Tengah

1. Pantai Jetis

Pantai Jetis ini sedang di desa Jetis , Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Tempat ini sedang di ujung unsur timur wilayah Cilacap yang adalah perbatasan antara kabupaten cilacap dengan kebumen. Maka tak heranandai pantai ini menghampar sepanjang nyaris 3km dengan pintu unsur timur yang pun sebagai pintu masuk Tempat Pelelangan Ikan Jetis dengan pemandangan pegunungan kapur wilayah Kebumen.

Wisata Di Cilacap

Wisata Di Cilacap

Menurut situs Situs Judi Online Resmi Dari Pantai ini juga kamu bisa menyaksikan dan merasakan panorama muara kali bodo yang adalah perbatasan kabupaten Cilacap dengan kabupaten Kebumen. Dengan panorama alam dan debur ombak pantai selatan menciptakan pantai Jetis masuk tujuan wisata yang sayang untuk kamu lewatkan andai menjelajah kota Cilacap.

2. Gunung Srandil

Selaian panorama alam dan pantainya yang memukau, serta bebrapa tujuan wisata sejarah yang kaya bakal pengetahuan. Ternyata Cilacap pun kayabakal wisata spiritual, salah satunya gunung srindil ini. Gunung ini terletak di Glempangpasir, Kecamatan Adipata atau berjarak 30 kilometer dari Kota Cilacap. Anda dapat menggunakan transportasi umum yaitu bus dengan jurusan Cilacap-Jatijajar-Kebumen. Menurut kisah yang beredar dandipercayai oleh masyarakat, orang kesatu yang mentap di gunung srandil ini ialah Sultan Mukhriti putra kedua dari Dwi Sari Banon Ratu Sumenep-Jawa timur.

Kedatangan sultan ke gunung srandil ini konon guna bertapa, namun, Sultan Mukhriti lantas Murca (menghilang) yang ada bermukim petilasannya yang terletak di sebelah timur, dan dikenal dengan Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.Tapi semua tersebut hanya kisah yang beredar, kebenaranya tidakterdapat yang dapat meyakinkan . Karena selain kisah Sultan Mukhriti, di gunung Srandil pun ada legenda rakyat, bahwa yang kesatu tinggal di gunung srandil ini ialah dua orang mempunyai nama Kunci Sari dan Dana Sari, mereka berdua adalah prajurit dari pangeran Diponegoro yang tidakinginkan menyerah untuk bala tentara belanda. Mereka menyimpulkan melarikan diri ke gunung srandil guna bersembunyi dan pada kesudahannya meninggal disini. Makam kedua prajurit itu berada di sebelah unsur timur gunung srandil dalam satu komplek yang dipagar keliling yanglantas hari, nama kunci sari lebih dikenal dengan nama Sukma Sejati.

Dari kisah itulah lantas gunung srindil tidak sedikit didatangi tidak sedikit peziarah baik dari masyarakat cilacap tersebut sendiri maupunwilayah luar, bahkan terdapat yang datang dari sumatra, bali, kalimantan dan sulawesi. Para peziarah datang dengan anek macam destinasi masing-masing, dan seringkali ada yang bertapa pada jum;at kliwon atau malam satu syura. Karena memandang lokasi ini mempunyai aura ghaib dari tokoh-tokoh mandraguna. Oleh sebab itu, tak heran andai tempat inipaling disakralkan. Karena tidak sedikit petilasan-petilasan yangdirasakan mempunyai karismatik. Petilasan tersebut diantaranya Mbah Kanjeng Gusti Agung, Nyai Dwi Tanjung Sekarsari, kaki Semar Tunggul Sabdojati Dayo Amongrogo, Juragan Dampo Awang, Kanjeng Gusti Agung Akhmat atau Petilasan Langlang Buwana yang terletak di atas bukit dan Petilasan Hyang Sukma Sejati. Itu sebabnya, gunung srindil hingga hari paling di sakralkan.

3. Sedekah Laut Khas Cilacap

Di samping tampat wisata yang sudah diuraikan diatas, Cilacap pun mempunyai tradisi yang hingga hari ini masih tetap dipertahankan kelestariannya yakni sedekah laut atau yang biasa dikenal dengan larung sesaji. Konon, Sedekah Laut ialah salah satu kebiasaan di Cilacap yangtelah turun temurun dilangsungkan sejak zaman pemerintahan Adipati Cakrawerdaya III pada tahun 1817. Akan tetapi, tradisi itu sempat terhenti dan dihidupkan pulang semasa Bupati Poedjono Pranjoto pada tahun 1982 sampai saat ini.Sedekah laut adalah acara tahunan denganmengerjakan pelarungan sesaji berupa makanan dan kepala kerbau ke tengah laut. Acara ini biasa di laksanakan di teluk penyu, seringkali sebelum di larungkan sesaji di arak terlebih dahulu sepanjang perjalanan mengarah ke teluk penyu.

Terus kapan sedekah laut tersebut dilaksanakan? Nah, seringkali sedekah laut di Cilacap itu dilaksanakan pada bulan Oktober, pada tahun 2015 kemaren, sedekah laut dilakukan pada hari Jum’at Kliwon tanggal 23 Oktober, jadi bila kamu ke Cilacap pada bulan itu, kamu bisa mnyaksikan meriahnya kebiasaan tahunan khas Cilacap ini.

Itulah sejumlah destinasi wisata dan kebiasaan yang bisa kamu temui di kota kecil pesisir pantai selatan mempunyai nama Cilacap. Jadi, Ayook kapan mau berangjangsana ke kota Cilacap? Ditunggu yaaa..!! semoga bermanfaat!

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *